Translate This Blog

Selasa, 09 Oktober 2012

All About Dinosaurus

Dinosaurus


Masa Pra Sejarah
Dunia kita ada sejak ratusan juta tahun yang lalu. Para ahli membagi masa jutaan tahun lalu ini menjadi beberapa periode. Setiap periode memiliki ciri yang berbeda, baik itu dari kondisi geografis, keadaan alam hingga iklim bumi. Begitu pula dengan makhluk hidup di permukaan bumi. Setiap periode memiliki jenis makhluk hidup yang berbeda.
Periode Triassic (245 – 202 juta tahun lalu)
Pada masa ini iklim di bumi sangat panas dan kering yang membentuk hamparan pasir batuan. Sedangkan iklim di kutub cenderung sedang dan basah.

Periode Jurassic (200 – 144 juta tahun lalu)
Pada periode ini laut sudah dihuni berbagai jenis ikan dan reptil laut. Sementara itu berbagai jenis reptil raksasa darat sudah berkembang. Iklim pun sudah mulai menghangat.

Periode Cretaceous (144 – 65 juta tahun lalu)
Pada masa ini posisi benua sudah hampir menyerupai keadaan seperti sekarang. Iklim lebih hangat, namun di kutub masih belum ada es secara permanen.

Apa penyebab kepunahan hewan purba?
Banyak teori mengenai kepunahan hewan purba. Salah satu penyebabnya adalah perubahan cuaca yang drastis di permukaan bumi. Perubahan ini diakibatkan oleh hantaman meteorit yang jatuh ke bumi. Ini terjadi sekitar 65 juta tahun lalu.

Nama-Nama Dinosaurus

1. Barapasaurus
Barapasaurus adalah hewan berleher panjang pemakan tumbuhan paling awal. Ia berjalan dengan keempat kakinya. Barapasaurus berarti “big leg lizard” atau “kadal berkaki besar”. Fosil hewan ini ditemukan di India.
Panjang : 15 m
Tinggi : 6 m
Berat :  9 ton
Hidup : Jurassic (tepatnya 185-170 juta tahun yang lalu)

2. Scutellosaurus

Scutellosaurus termasuk dinosaurus yang memiliki sisik perisai. Sisik-sisik yang sangat keras ini melindunginya dari pemangsa. Hewan herbivora ini berjalan dengan kedua kaki belakangnya. Fosilnya ditemukan di Amerika Serikat.
Panjang : 1,5 m
Tinggi : 30 cm
Berat : 10 kg
Hidup : Jurassic (tepatnya 195 juta tahun yang lalu)

3. Huayangosaurus

Fosil huayangosaurus ditemukan di Cina. Hewan pemakan tumbuhan ini memiliki plat besar di punggungnya hingga ke ekor. Hewan ini memiliki sejumlah persamaan dengan stegosaurus (yang hidup beberapa juta tahun kemudian). Diperkirakan huayangosaurus berevolusi menjadi stegosaurus.
Panjang : 4 m
Tinggi : 1,3 m
Berat : 450 kg
Hidup : Jurassic (tepatnya 165 juta tahun yang lalu)

4. Stenopterygius
Stenopterygius adalah hewan purba yang hidup di laut. Bentuk tubuhnya yang sedemikian rupa membuat ia bisa berenang dengan cepat, sekitar 1 meter per detik. Reptil laut ini hidup dengan memangsa ikan-ikan atau hewan lain yang ada di laut. Anak-anaknya dilahirkan dan dibesarkan di laut.
Panjang : 2 m
Berat : 450 kg
Hidup : Jurassic (tepatnya 160 juta tahun yang lalu)

5. Archeopteryx

Hewan purba ini adalah nenek moyang burung. Ciri khususnya memiliki sayap yang bisa merentang panjang. Tidak diketahui secara pasti apakah burung ini bergerak dengan melompat dari satu dahan pohon ke dahan lainnya, atau terbang bebas seperti burung yang kita lihat sekarang.
Rentang sayap : 53 cm
Hidup : Jurassic (tepatnya 150 juta tahun yang lalu)

6. Liopleurodon

Makhluk ini tinggal di laut. Ia memiliki empat buah sirip yang berfungsi untuk bergerak cepat selama berada di dalam air. Liopleurodon memiliki mulut yang panjangnya bisa mencapai tiga meter untuk menyerang mangsanya. Penciumannya tajam sehingga bisa dengan mudah mengetahui dimana mangsanya berada.
Panjang : 12 – 25 m
Berat : 150 ton
Hidup : Jurassic (tepatnya 160 juta tahun yang lalu)

7. Seismosaurus

Seismosaurus merupakan hewan purba terpanjang yang pernah ditemukan. Ini hanya perkiraan saja berdasarkan fosil yang ditemukan. Seismosaurus memiliki kaki yang pendek namun memiliki leher yang panjang. Ia hidup dengan memakan tumbuh-tumbuhan. Fosil hewan ini ditemukan di Amerika Serikat.
Panjang : 45 m
Tinggi : 13 m
Berat : 100 ton
Hidup : Jurassic (tepatnya 150 juta tahun yang lalu)

8. Caudipteryx

Fosil hewan ini ditemukan di Cina. Caudipteryx hidup di hutan yang lebat. Selain sebagai pelindung, wilayah ini juga merupakan tempat untuk menemukan makanan seperti serangga atau tumbuhan. Caudipteryx mirip unggas, memiliki bulu, namun tidak bisa terbang. Ia juga memiliki gigi yang tajam dan mata yang besar.
Panjang : 1 m
Tinggi : kurang dari 1 m
Berat : 6 – 7 kg
Hidup : Cretaceous (tepatnya 140 juta tahun yang lalu)

9. Megalosaurus

Megalosaurus adalah dinosaurus yang pertama kali ditemukan. Rahang yang kuat, serta giginya yang besar dan tajam, mengindikasikan bahwa ia adalah pemakan daging yang ganas. Ketika ditemukan orang mengira megalosaurus berjalan dengan empat kaki. Tetapi penemuan berikutnya menunjukkan bahwa ia berjalan hanya dengan dua kaki saja.
Panjang : 9 m
Tinggi : 3 m
Berat : 1.300 kg
Hidup : Jurassic (tepatnya 170 – 155 juta tahun yang lalu)

10. Metriorhynchus

Ia hidup di laut. Kaki-kakinya berfungsi sebagai sirip yang digunakannya untuk bergerak selama berada di dalam air. Selain sirip, ekornya pun berfungsi menambah kecepatan saat berenang. Metriorhynchus berkerabat dengan buaya yang hidup di darat. Namun kulitnya lebih halus, tidak sekuat kulit buaya.
Panjang : 3 m
Hidup : Jurassic (200 – 144 juta tahun yang lalu)

11. Psephoderma

Hewan ini memiliki semacam tempurung yang sangat keras di badannya. Tempurung ini digunakan untuk melindunginya dari serangan predator. Namun ada yang memperkirakan tempurung itu tercipta untuk memudahkannya bergerak di dalam air. Psephoderma memiliki leher yang pendek dan ekor yang panjang.
Panjang : 2 m
Berat : 1.300 kg
Hidup : Triassic (245 – 202 juta tahun yang lalu)
12. Yangchuanosaurus

Fosil dinosaurus ini ditemukan di Cina. Yangchuanosaurus berarti kadal dari Yangchuan. Mereka berjalan dengan kedua kaki belakangnya yang besar dan berotot. Dinosaurus jenis ini hidup dengan memangsa hewan-hewan lainnya. Ia memiliki cakar yang tajam di kaki dan tangan untuk membunuh dan menyobek mangsanya.
Panjang : 10 m
Hidup : Jurassic (tepatnya 160 – 144 juta tahun yang lalu)

13. Ichthyosaurus

Hewan ini tinggal di laut. Mereka adalah perenang yang sangat hebat. Mereka hidup dengan memangsa hewan-hewan laut yang lebih kecil. Ichthyosaurus memiliki gigi-gigi tajam yang memudahkannya memperoleh mangsa. Karena terlindung oleh tulang keras, diperkirakan mata mereka bisa menahan tekanan air. Ini membuatnya bisa leluasa berburu di wilayah laut yang dalam.
Panjang : 4,5 – 9 m
Berat : 3 ton
Hidup : Jurassic (tepatnya 150 juta tahun yang lalu)

14. Quetzalcoatlus

Makhluk purba ini merupakan hewan terbang yang sangat besar. Rentangan sayapnya saja bisa mencapai 15 meter. Nama Quetzalcoatus diambil dari Quezalcoatl, dewa ular naga suku Aztek, Meksiko. Hingga kini belum jelas apa yang dimangsa oleh Quetzalcoatus. Ada yang memperkirakan ia memakan bangkai dinosaurus. Namun ada juga yang menduga ia terbang di atas sungai, danau, atau laut untuk memangsa ikan-ikan yang ada di sana.
Berat : 100 kg
Hidup : Cretaceous (144 – 65 juta tahun yang lalu)

2 komentar: